PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG

Dea, Karina Andini and Heri, Effendi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (321kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menjadikan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan metode Role Playing berbantu media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing berbantu media video animasi terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 54 Anak Air Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah 54 siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Kel as IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 82,96 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata nilai 75,25. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan Independent Samples t test. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0.007 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan metode Role Playing berbantu media video animasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 54 Anak Air Padang pada tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:57
Last Modified: 25 Mar 2025 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25696

Actions (login required)

View Item View Item