Novi, Franciska and Dra. Pebriyenni, M.Si, Pebriyenni (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS CASE METHOD BERBANTU HEYZINE FLIPBOOK FASE F ELEMEN BHINNEKA TUNGGAL IKA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
SKRIPSI NOVI FRANCISKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
TEKS NOVI FRANCISKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN NOVI FRANCISKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini melatarbelakangi oleh masih banyaknya sekolah-sekolah yang terpaku pada satu sumber belajar yaitu buku cetak, kemudian model pembelajaran yang bersifat satu arah atau konvensional, padahal saat ini sudah berada pada era teknologi. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Case Method berbantu Heyzine Flipbook yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan menggunakan (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, desaign, developmen, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian adalah pengembangan e-modul berbasis Case Method berbantu Heyzine Flipbook dengan langkah-langkah mendesain menggunakan aplikasi canva, selanjutnya menconvert menjadi PDF dan memasukkan melalui web heyzin flipbook. Hasil penelitian menjukkan tingkat validitas dari tiga ahli yaitu, ahli materi, ahli bahasa, ahli desain digunakan dengan memperoleh presentase 96,01% kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan oleh guru dinyatakan praktis dengan presentase sebesar 89,33%. Selanjutnya uji efektifitas hasil belajar Pendidikan Pancasila adalah menggunakan Pretest dan posttest. Berdasarkan nilai uji N-Gain Skor didapatkan nilai hasil belajar pretest dan posttest kelas eksperimen pada kategori G> 0,70 yaitu 0,71 cukup efektif. N-Gain Skor pada kelas kontrol pada kategori 0,30 <G> 0,70 yaitu 0,45 kurang efektif. Dari hasil pengujian hipotesiss uji-t menunjukkan t(hitung) 4.920 > t(tabel) .526, pada taraf nyata signifikan <0,025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dimana penggunaan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis case method berbantu heyzine flipbook cukup efekif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMAS Adabiah Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PPKn FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:16 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 02:41 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |