Rahma, Yulia and Zulfa, Amrina (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Bangun Datar Di Kelas III SDN 01 Ulak Karang Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
Fullteks Skripsi Rahma Yulia 21-004.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran Power Point interaktif berbasis model Problem Based Learning pada materi unsur-unsur bangun datar di kels III SDN 01 Ulak Karang Selatan yang divalidasi berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap development (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas(Angket respons pendidik dan peserta didik), dan lembar efektivitas (soal pretest dan postest). Dalam proses validasi, media divalidasi oleh 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, dan 1 orang bahasa. Pada tahap kepraktisan, media diuji coba kepada 1 pendidik dan 24 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, media Power Point interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 91,6%, sangat praktis dengan persentase 88,9%, dan memiliki tingkat keefektifan tinggi dengan persentase 96%. Dengan demikian, media Power Point interaktif ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika, khususnya untuk peserta didik kelas III di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:11 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:11 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |