Siti, Nur Atira and M., Tamrin (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 30 TIMBULUN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
Fullteks Skripsi Siti Nur Atira 21-137.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap dimulai dari perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 30 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas Guru, lembar tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas penerimaan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas penerimaan Siswa dan hasil belajar Siswa meningkat, pada siklus I diperoleh sebesar 68% menjadi 82% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar Siswa pada siklus I diperoleh sebesar 41%, meningkat pada siklus II sebesar 77%. Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 30 Timbulun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:33 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |