PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN

Azira, Febrianisa and rieke, alyusfitri (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas IV di SDN 01 Ulak Karang selatan. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis canva terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 01 Ulak Karang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 orang dengan jumlah sampel 49 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapatnya pengaruh pada hasil pemahaman konsep matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini ditunjukkan dengan hasil uji T-Test berpasangan, diperoleh Asymp.sig (2-tailed) 0,030 < signifikansi 0,05. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80 dan rata-rata nilai siswa di kelas kontrol adalah 57. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis canva terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 01 Ulak Karang Selatan. Saran agar media pembelajaran interaktif berbasis canva dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:37
Last Modified: 25 Mar 2025 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25868

Actions (login required)

View Item View Item