Divia, Gusti Rahma Putri and M., Tamrin (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL WORD SQUARE DI KELAS V SD NEGERI 30 TIMBULUN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
FULLTEKS DIVIA GUSTI 21-133.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang diakhiri tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDNegeri 30 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas Guru dan tes hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase skor yang diperoleh dari aktivitas guru yaitu 83,5% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II persentase skor aktivitas Guru meningkat menjadi 87,5% dengan kategori sangat baik. Berikutnya ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 36% meningkat pada siklus II sebesar 77%. Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 30 Timbulun. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model word square dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:42 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:42 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |