Raihan, Ramadhan and Eddy, Soesilo (2025) PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN BATERAI MENGGUNAKAN MOTOR DC 12 VOLT PADA SEPEDA LISTRIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
Cover-2.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
I-1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
II-1.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
III-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sepeda listrik adalah alat transportasi yang saat ini banyak diminati. Dikarenakan cara pengoperasianya yang mudah. Saat ini sepeda listrik yang ada di pasaran hanya mampu menempuh jarak yang begitu dekat, dikarenakan kapasitas batrai yang kecil sehingga peforma pada sepeda listrik kurang memuaskan terhadap penggunanya. Oleh karena itu ada sebuah inovasi pada sepeda listrik saat ini dengan penambahan baterai cadangan dan sebuah motor dc yang dirubah cara kerjanya seperti generator dc yang akan menghasilkan energi listrik untuk dapat menyuplai energi listrik pada baterai cadangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem pengisian baterai 12V pada sepeda listrik dengan menggunakan motor DC sebagai generator. Energi listrik dihasilkan melalui putaran roda sepeda yang terhubung dengan generator menggunakan transmisi rantai. Pada pengujian sepeda listrik tanpa beban sepeda listrik diuji selama 5 jam 9 menit. Hasilnya menunjukkan bahwa tegangan, arus, dan putaran motor mengalami penurunan secara bertahap seiring dengan penggunaan daya baterai. Kecepatan motor awal sebesar 447,5 RPM dengan tegangan 50,93V dan arus 0,80A, sementara di akhir pengujian turun menjadi 255,6 RPM, tegangan 43,78V, dan arus 0,64A. Kemudian pada pengujian dengan beban generator, sepeda diuji selama 58,53 menit dengan jarak tempuh 24 km. Kecepatan awal sepeda adalah 26,9 km/h dengan tegangan 49,15V dan arus 9,08A, sementara kecepatan puncak mencapai 28,9 km/h dengan RPM 414,7, arus 8,3A, dan tegangan 48,88V. Seiring waktu, kecepatan menurun menjadi 18,8 km/h dengan tegangan 42,02V dan arus 4,29A. Pengujian ini menunjukkan bahwa daya baterai berkurang secara signifikan saat sepeda digunakan dalam kondisi berbeban, dengan konsumsi arus yang lebih tinggi saat akselerasi namun stabil pada kecepatan sedang. Tegangan awal baterai adalah 12,79V dan meningkat menjadi 12,89V dalam 30 menit, dengan arus rata-rata 0,30 – 0,35A. Tegangan tertinggi saat pengisian mencapai 13,9V pada RPM 370,3 dan kecepatan 25,8 km/h. Hasil pengujian menunjukkan bahwa proses pengisian berlangsung secara stabil meskipun dengan laju yang lambat. Tegangan cenderung meningkat secara bertahap dengan kontribusi dari voltage regulator yang menjaga kestabilan selama proses charging. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengisian baterai menggunakan generator pada sepeda listrik dapat menghasilkan energi listrik yang cukup untuk proses charging, meskipun dengan tingkat efisiensi yang perlu ditingkatkan. Efektivitas pengisian daya dipengaruhi oleh RPM generator dan kestabilan sistem regulasi tegangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Teknik Elektro FTI |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:49 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/26038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |