Strategi Bertutur Anak Berkomunikasi dalam Keluarga di Kenagarian Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan

Lia Novia Sari, Lia Novia Sari and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2020) Strategi Bertutur Anak Berkomunikasi dalam Keluarga di Kenagarian Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4 LIA NOVIA SARI (1410013111079) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bertutur yang digunakan anak berkomunikasi dalam keluarga di Kenagarian Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan untuk menganalisis strategi bertutur adalah teori yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson (2008). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mentranskripsikan data hasil rekaman ke dalam bentuk teks, (2) menganalisis strategi bertutur, (4) menginterpretasikan hasil analisis data, (5) menyimpulkan hasil interpretasi data. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 181 data. Dari 181 data tersebut diantaranya terdapat 23 data bertutur terus-teras tanpa basa-basi, ditemukan tuturan menggunakan penanda identitas sebagai anggota kelompok yang sama sebanyak 22 data, tuturan memberikan kesepakatan sebanyak 10 data, tuturan memberikan alasan sebanyak 84 data, tuturan berjanji sebanyak 5 data, tuturan bergurau sebanyak 3 data, tuturan berpagar sebanyak 2 data, tuturan permintaan dalam bentuk pertanyaan sebanyak 1 data, tuturan tidak langsung sebanyak 31 data. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan anak, maka semakin baik pula strategi bertuturnya. Kata Kunci: strategi bertutur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 10 Jul 2020 01:46
Last Modified: 10 Jul 2020 01:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item