Ina, Elvita and Zulfa, Amrina and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DISERTAI MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 Cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 Abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
|
Text
69 Ina Elvita 1510013411059 Daftar Pustaka.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VSDN 34 Air Pacah setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share disertai media komik dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VA kelas kotrol dan kelas VB kelas Eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Sharedisertai media komiksedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal-soal yang diberikan melalui tes akhir pada ranah kognitif. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 81.96 dan pada kelas kontrol 70.71 dengan nilai thitung = 2.73dan ttabel = 1.67 maka berarti thitung > ttabel dengan demikian maka H0 ditolak dan H1diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasilbelajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTipeThink Pair Share disertai Media Komik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pembelajaran kelas V SD Negeri 34 Air Pacah Kota Padang.Diharapkan bagi generasi para calon guru yang profesional hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media komik khususnya pada pembelajaran matematika agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berdiskusi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kecerdasan siswa. Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 08:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 08:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3074 |
Actions (login required)
View Item |