PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SDN 13 BUKIT KACIAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Akhsanul, Iksan and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SDN 13 BUKIT KACIAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
41 AKHSANUL IKHSAN 1510013411132 Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Trianto (2009) tentang pendekatan konstruktivisme, dan pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Bukit Kaciak pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 13 Bukit Kaciak untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancang modul untuk siswa kelas IV SDN Bukit Kaciak, kemudian modul divalidasi oleh para ahli sehingga dapat diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui praktikalitas siswa dan praktikalitas guru serta efektivitas modul. Validasi dari dua orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa 88% dengan kategori valid, dan aspek tampilan sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas siswa diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 99% dengan kategori sangat praktis, dan praktikalitas guru mendapatkan persentase sebesar 98% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya efektivitas modul diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 100% termasuk pada kategori efektif. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. Kata kunci: bahasa Indonesia, modul, konstruktivisme, validitas, praktikalitas dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:27
Last Modified: 10 Jul 2020 04:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item