Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III A dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing di SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang.

Wewen, Jaswan and Yetty, Morelent and Muhammad, Sahnan (2021) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III A dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing di SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
35 WEWEN JASWAN 1210013411150 Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Role Playing di SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Sardirman (2011) dan Hamalik (2014) tentang belajar, pendapat Hamalik (2014) dan Huda (2014) tentang pembelajaran, pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, pendapat Tarigan (2008) tentang kemampuan berbicara, serta pendapat Huda (2014) dan Istarani (2011) tentang model pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan Siklus II juga dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjeknya adalah siswa kelas IIIA SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian aktivitas guru, lembar kemampuan berbicara siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik persentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dari 69,44% pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 91,66% pada siklus II. Meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk setiap indikator dari 61,74% pada siklus I menjadi 89,07% pada siklus II. Ketuntasan Belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata hasil belajar 70,37 dengan persentase ketuntasan belajar 44,44% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar 86,29 dengan persentase ketuntasan belajar 88,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kemampuan Berbicara siswa kelas IIIA pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang. Kata Kunci : Kemampuan berbicara, pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Role Playing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:25
Last Modified: 24 May 2021 07:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item