PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION DI KELAS IV SDN 04 PASAR AMBACANG

Ainil, Huda and Syafni, Gustina Sari and Siska, Angreni (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION DI KELAS IV SDN 04 PASAR AMBACANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
33 AINIL HUDA 1110013411155 Daftar Pustaka.pdf

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi nilai hasil belajar matematika siswa kelas IV masih banyak di bawah nilai KKM yaitu 75 dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika masih berpusat pada guru (teacher centered). Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada ranah kognitif tingkat pengetahuan (C1) pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction di SDN 04 Pasar Ambacang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 04 Pasar Ambacang. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan tes akhir pembelajaran sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian bahwa 1) Peningkatan hasil belajar siswa pada permbelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Complex Instruction di SDN 04 Pasar Ambacang siklus I rata-rata sebesar 72,55 meningkat pada siklus II menjadi 83,40 . 2) Peningkatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas guru pada siklus I rata-rata sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 04 Pasar Ambacang. Disarankan kepada guru hendaknya mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV. Kata Kunci: Hasil Belajar matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:43
Last Modified: 17 Mar 2021 02:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3143

Actions (login required)

View Item View Item