Ulfa, Khaira Maulida Aprilia and Niniwati, Niniwati and Listy, Vermana (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 COVER.pdf Download (216kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 BAB I.pdf Download (588kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 BAB V.pdf Download (377kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
|
Text
1. ULFA KHAIRA MAULIDA APRILIA 1510013211004 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa Khaira Maulida Aprilia. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika SMP”. Proses pembelajaran yang cenderung menyajikan rumus dan contoh soal membuat peserta didik tidak tertarik untuk belajar matematika, sehingga peserta didik hanya membaca saja dan menghafal rumus yang ada serta tidak menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Dampaknya, tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran tidak optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Konstruktivisme dalam pembelajaran matematika SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan rancangan penelitian Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahapan pengembangan yaitu: fase investigasi awal, fase pengembangan dan fase pembuatan prototipe serta fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan lembar kerja pesera didik berbasis Konstruktivisme untuk mengoptimalkan pemahaman peserta didik dengan mengkonstruk sendiri. Fase pengembangan penilaian validitas produk diperoleh dari angket validitas dari 2 orang dosen dan 1 orang guru matematika dengan kategori valid sebesar 77,31%, dan penilaian praktikalitas dari angket praktikalitas peserta didik pada tahap uji coba dengan kategori sangat praktis yakni sebesar 85,24%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik sudah valid dan praktis. Valid karena telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Praktis karena mudah digunakan dan dipahami.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sri Erlita |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 07:49 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 07:49 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3495 |
Actions (login required)
View Item |