ANALISIS SELF-CONCEPT MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 PADANG

Dita, Fitriani and Fazri, Zuzano and Listy, Vermana (2021) ANALISIS SELF-CONCEPT MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 PADANG. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 BAB V.pdf

Download (408kB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3. DITA FITRIANI 1610013211008 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Dita Fitriani : Analisis Self-Concept Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang . Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah karena siswa sering merasa tidak percaya diri ketika mengerjakan soal apalagi ketika disuruh guru mengerjakannya dipapan tulis. Rasa tidak percaya diri tersebut mengakibatkan siswa mudah menyerah manakala ada soal yang dianggapnya sulit. Konsep diri pada siswa SMP tentang matematika rendah sehingga menyebabkan siswa merasa tidak percaya diri dalam pelajaran matematika yang disebut dengan self-concept matematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-concept matematik siswa dilihat dari masing-masing indikator dan faktor-faktor yang mempengaruhi self- concept matematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian mix method atau metode penelitian kombinasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang diperoleh dari angket self-concept matematik dan pedoman wawancara.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23Padang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil self-concept matematik siswa dibagi atas 3 tingkatan yaitu sebagai berikut (1) tinggi sebanyak 5 orang siswa (16,5%), (2) sedang sebanyak 20 orang siswa (67%) dan, (3) rendah sebanyak 5 orang siswa (16,5%). Untuk tingkat perindikator self-concept matematiknya indikator tertinggi yaitu indikator 4 dengan jumlah hasil angket yaitu 423, dan terendah yaitu indikator 5 dengan jumlah hasil angket yaitu 385. Pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi self-concept matematik siswa adalah 1) Keadaan fisik dan penilaian orang lain mengenai bentuk tubuh, kondisi tubuh dan jenis kelamin mengenai pembelajaran matematika 2) Menunjukkan intelegensi, tingkat aspirasi, emosi nama dan nama panggilan dalam pembelajaran matematika 3) Pandangan sikap orang tua, sikap saudara, status anak dalam keluarga dan status sosial ekonomi keluarga dalam pembelajaran matematika 4) Pandangan siswa lain terhadap diri sendiri dalam pembelajaran matematika 5) Percaya diri akan kemampuan diri dan berhasil mengenali kekuatan dan kelemahan diri sendiri terhadap status sosial dalam pembelajaran matematika. Dari penelitian ini disarankan kepada siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki siswa dan lebih berani dalam mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran. Kata Kunci: self-concept matematik, faktor-faktor self-concept matematik

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Erlita
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:35
Last Modified: 29 Apr 2021 03:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item