PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SDN 22 DUKU

Rinika, Chosi Pratama and Yusrizal, Yusrizal and M., Tamrin (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SDN 22 DUKU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 Cover.pdf

Download (85kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 Abstrak.pdf

Download (132kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
34 RINIKA CHOSI PRATAMA 1510013411096 Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 22 Duku.Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hasil belajar PKn siswa kelas IV yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada kelas sampel yang menggunakan model Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 22 Dukuyang berjumlah 45 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Tes akhir menunjukkan nilai rata-rata PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaranAuditory Intellectually Repetition(AIR) adalah sebesar 81,42untuk kelas eksperimen dan 74,08untuk kelas kontrol. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 2,64dan ttabel = 2,017, atau dengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 22 Duku yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition(AIR)lebih baik daripada hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), PKn, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 14 Jul 2020 06:58
Last Modified: 14 Jul 2020 06:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item