Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Pertiwi Siteba Padang

Yolanda, Yolanda and Khairudin, Khairudin and Niniwati, Niniwati (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Pertiwi Siteba Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
3 YOLANDA 1410013211034 Daftra Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu jenis alat bantu pembelajaran. LKPD merupakan perangkat pembelajaran sebagai penglengkap atau sarana pendukung pelaksanaan rencana pembelajaran (Menurut Hidayah dan Sugiarto dalam Majid, 2015, p.232). LKPD berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik sebagai bentuk latihan yang bertujuan agar peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan. Selama proses pembelajaran berlangsung terlihat bahwa guru masih menggunakan buku paket dan belum menggunakan LKPD, guru lebih dominan daripada peserta didik, belum adanya LKPD Matematika berbasis Problem Based Learning. Peneliti mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat melatih peserta didik untuk belajar mandiri dalam memecahkan suatu permasalahan dan menuntun peserta didik untuk menemukan penyelesaiannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik belajar mandiri dalam memecahkan permasalahan serta meningkatkan keingintahuannya adalah pembelajaran berbasis Problem Based Learning. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti mengembangankan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Pertiwi Siteba Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4-D dalam Trianto (2011) yang terdiri dari: (1) Define (Penganalisisan), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan (4) Desseminate (Penyebaran). Berdasarkan model pengembangan 4-D Trianto, peneliti membatasi penelitian ini sampai pada tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Uji Validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, yang terdiri dari 2 orang dosen Universitas Bung Hatta dan 1 orang guru Matematika SMP Pertiwi Siteba Padang. Dari hasil analisis angket uji validitas, dapat disimpulkan bahwa LKPD ini valid, sebesar 87,72%. Sedangkan hasil analisis angket uji praktikalitas yang dilaksanakan oleh 20 orang peserta didik kelas IX-1 dinyatakan praktis, yakni sebesar 80,31%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Pertiwi Siteba Padang ini, layak untuk digunakan sebagai bahan ajar matematika dan memiliki kemudahan dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:05
Last Modified: 28 May 2021 08:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item