PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WORD SQUARE UNTUK KELAS IV SD TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN

Fristi, Febrina Ningsih and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WORD SQUARE UNTUK KELAS IV SD TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
61 FRISTI FEBRINA NINGSIH 1610013411098 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanmodul pembelajaran IPS berbasis word square untuk kelas IV SD tema 4 berbagai pekerjaan yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Modul pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji coba dan validasi modul pembelajaran IPS berbasis word square untuk kelas IV SD tema 4 berbagai pekerjaan yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang ahli dan uji coba di kelas IV SD Negeri 16 Bukit Siayah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian diketahui bahwa modul pembelajaran IPS berbasis word square untuk kelas IV SD tema 4 berbagai pekerjaan ini berada pada kategori valid dengan presentase nilai 85,8 % untuk kevalidan aspek kelayakan isi, komponen kebahasaan, dan komponen desain. Modul pembelajaran berbasis Word Square yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan presentase nilai 96,42% oleh guru dan 92,8% oleh siswa. Selanjutnya dilihat dari nilai uji efektifitas diperoleh yaitu 63 dalam kategori sedang atau cukup efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran, Word Square

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Jun 2020 05:12
Last Modified: 26 Jun 2020 05:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item