Ryan, Muhammad Agustino and Yetty, Morelent and Dainur, Putri (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DI TANAH LADA KARYA ZIGGY ZEZYAZFOVIENNAZABRIZKH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
33. MAIZA PUTRI 1510013111026 COVER, KATA PENGANTAR, DLL.pdf Download (357kB) |
|
Text
33. MAIZA PUTRI 1510013111026 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
33. MAIZA PUTRI 1510013111026 BAB V KESIMPULAN.pdf Download (179kB) |
|
Other
33. MAIZA PUTRI 1510013111026 FULL TEKS.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ryan Muhammad Agustino. 2019. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. ”Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama yang terdapat dalam novel Di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Teori yang digunakan adalah unsur-unsur intrinsik yang dikemukakan oleh Nurgiyantoro (2010) dan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Said Hamid Hasan (2010). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dan sumber data penelitian ini adalah kata-kata yang mengidentifikasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang diambil dari novel Di Tanah Ladakarya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Teknik analisis penelitian ini adalah mengelompokan data, mengolah data dengan cara melihat situasi dari latar dan alur yang terjadi pada tokoh lalu dikaitkan sesuai dengan aspek yang diteliti, dan menginterpretasikan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 10 nilai karakter yaitu (1) jujur seperti sikap tokoh Ava yang jujur kepada mamanya ketika Ava mengompol di celana, (2) disiplin seperti tokoh Ava yang selalu bangun pagi walupun di hari libur sekolahnya, (3) kreatif seperti sikap tokoh Ava yang bisa mencari ide untuk mengalihkan pembicaraan ketika mamanya sedang bersedih, (4) mandiri seperti tokoh Ava yang berusaha untuk bisa menyuap sendiri makanannnya, (5) rasa ingin tahu seperti sikap tokoh Ava yang selalu mencari tahu arti kata yang belum ia ketahui di dalam kamusnya, (6) menghargai prestasi seperti sikap tokoh Ava memuji suara indah dan permainan gitar temannya, (7) bersahabat/komunikatif seperti sikap tokoh Ava yang pandai membuat bahagia temannya ketika dalam kesedihan , (8) cinta damai seperti tokoh Ava yang membuat orang lain merasa aman ketika berada didekatnya, (9) gemar membaca seperti sikap tokoh Ava yang menyempatkan waktunya untuk membaca kamus dan buku lainya, (10) peduli sosial seperti tokoh Ava yang selalu membantu orang lain ketika berada dalam bahaya dan kesulitan. Maka, dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak 10 nilai pendidikan karakter, sedangkan nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan sebanyak 8 nilai pendidikan karakter dan nilai pendidikan karakter yang dominan adalah rasa ingin tahu. Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Tokoh Utama, Novel Di Tanah Lada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Sri Erlita |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:31 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6667 |
Actions (login required)
View Item |