Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padang

Riva, Guslina and Fazri, Zuzano and Listy, Vermana (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 Abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
10 RIVA GUSLINA 1510013211008 Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru, hanya sebagian siswa yang aktif dalam proses pembelajaran, siswa dalam mengerjakan soal latihan menunggu jawaban temannya, sehingga sedikit siswa yang benar-benar mengerjakan soal sendiri. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Padang masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik dari yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 5 Padang. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik dari yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Padang. Pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak, sehingga didapatkan kelas sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah melakukan uji hipotesis dengan mengunakan rumus t-tes, diperoleh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:01
Last Modified: 28 May 2021 08:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item