Eva, Yanti and Marsis, Marsis and Syofiani, Syofiani (2021) “Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak yang Berkebutuhan Khusus". UNSPECIFIED thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
19. EVA YANTI SIHOMBING 1410013111066 COVER, KATA PENGANTAR, DLL.pdf Download (449kB) |
|
Text
19. EVA YANTI SIHOMBING 1410013111066 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
19. EVA YANTI SIHOMBING 1410013111066 BAB V PENUTUP.pdf Download (177kB) |
|
Other
19. EVA YANTI SIHOMBING 1410013111066 FULL TEKS.PDF Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
Abstract
ABSTRAK Eva Yanti, 2019, Skripsi “Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak yang Berkebutuhan Khusus". Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus pada tuturan berupa bunyi-bunyi bahasa seperti (1) bunyi getar alveolar (2) bunyi hambat stop (3) bunyi vokal depan (4) bunyi belakang. Teori yang digunakan sebagai penunjang data penelitian ini adalah pemerolehan bahasa menurut pendapat Chaer (2009), Muslich (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data diambil dengan alat rekaman berupa handphone. Teknik pengumpulan data: (1) pengamatan datang ke rumah nenek Christian, (2) wawancara atau percakapan dengan cara mengajak Christian dalam situasi makan, bermain, bercerita, dan belajar (3) merekam tuturan yang diujarkan oleh Christian dan mentranskripsi hasil rekaman ke dalam tulisan. Data dianalisis dengan cara: (1) mentraskipsikan data rekaman ke dalam bentuk tulisan, (2) mengidentifikasi atau mengklasifikasi data pemerolehan bahasa berdasarkan mekanisme artikulasi, (3) mengelompokkan data yang telah dikumpulkan berdasarkan fonologis, (4) menguraikan data yang ditemukan berdasarkan konsep teori digunakan, (5) memaknai data dan membuat kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh bahwa anak yang berkebutuhan khusus bernama Christian Prasetyo sudah mampu memperoleh bahasa tetapi belum sesuai pelafalannya berdasarkan pada bunyi-bunyi berupa: (1) getar alveolar 33 data (2) bunyi stop 3 data (3) bunyi vokal depan 3 data, (4) bunyi belakang 2 data. Berdasarkan hasil data dengan demikian, disimpulkan bahwa anak berkebutuhan khusus belum mampu mengucapkan kosakata yang lebih banyak, dan mengalami keterbatasan dalam berucap pada bunyi-bunyi yang pelafalannya tidak tepat yaitu bunyi getar alveolar yang dominan dan ketetapan ucapan berubah tetapi tidak ada perubahan makna. Kata kunci: pemerolehan bahasa anak, fonologi, gangguan artikulasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Sri Erlita |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 08:52 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 08:52 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6730 |
Actions (login required)
View Item |