Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP N 14 Padang.

Hartiwi, Ramanisa and Khairudin, Khairudin and Syukma, Netti (2020) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP N 14 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 Abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
13 HARTIWI RAMANISA 1510013211012 Daftar Pustaka.pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilaterbelakangi bahwa siswa kurang mampu dalam merepresentasikan ide-ide matematis mereka. Siswa kesulitan dalam merepresentasikan model matematika dan kata-kata dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemampuan representasi matematis siswa di kelas VII SMP N 14 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 14 Padang dengan 3 subjek penelitian, yang diambil dari 30 siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil penyelesaian representasi siswa, saran guru matematika dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa secara keseluruhan memiliki persentase 16,4%. Persentase kemampuan representasi matematis siswa menurut jenisnya (1) representasi visual mendapat 82,7%, (2) representasi persamaan atau ekspresi matematis mendapatkan 38,9% dan (3) representasi kata-kata atau teks tertulis 23,3% . Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa representasi visual lebih tinggi dibanding dengan jenis representasi lainnya. Rendahnya kemampuan representasi kata-kata atau teks tertulis pada siswa disebabkan karena sebagian siswa tidak mampu membuat representasi dalam bentuk kata-kata, tidak terbiasa untuk menuliskan langkahlangkah penyelesaian soal, dan ada sebagian siswa yang malas untuk membuatkan langkah-langkah pengerjaan dengan kata-kata. Dari hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya guru lebih mengarahkan dan membiasakan siswa untuk menuliskan ide-ide dan langkah-langkah penyelesaian ketika mengerjakan soal dan siswa lebih sering mengerjakan latihan soal-soal dengan menggunakan representasi agar siswa bisa dan terbiasa untuk menyelesaikan soal yang memerlukaan kemampuan representasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:18
Last Modified: 28 May 2021 07:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item