PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 04 LUNDAR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN

Albert, Hangara and Edrizon, Edrizon and Syafni, Gustina Sari (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 04 LUNDAR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 Cover.pdf

Download (78kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
1 ALBERT HANGARA 1110013411095 Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret sampai 13 April 2019 di kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang berjumlah 22 orang, terdiri atas 13 siswa laki-laki 9 siswa perempuan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih dilaksanakan secara konvensional. Dimana saling meningkatkan hasil belajar siswa cendrung rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan cara yaitu pencatatan lapngan, opservasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran matematika pada suatu kelas yaitu kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 59% pada siklkus I meningkat menjadi 86,4% pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode inkuiri perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang. Kata kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:44
Last Modified: 26 Aug 2020 08:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item