PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WORD SQUARE (PENCARIAN KATA) KELAS IV SD NEGERI 06 EMPANG TERAS, LUMPO KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Hafid, Fajar and Wirnita, Wirnita (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WORD SQUARE (PENCARIAN KATA) KELAS IV SD NEGERI 06 EMPANG TERAS, LUMPO KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover hafid.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I Hafid.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V Hafid.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI Hafid (27) upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya modul pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang mana hanya buku paket menjadi acuan pembelajaran sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Pembelajaran Bahasa Indonesia BerbasisWord Square di Siswa Kelas IV SDN06 Empang Terasyang valid, praktis, dan efektif. Pembelajaran bahasa Indonesia adalah suatu proses perjalanan panjang yang dilalui oleh setiap siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia atau bahasa kedua setelah bahasa Ibu. Adapun kompetensi dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/ Research and Development. Modul penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu Define, disign, Development, dan disseminate. Karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase Development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN06 Empang Teras, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SDN Empang Teras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (85,6%) baik dari aspek kelayakan isi (87,5%), aspek penyajian dan tampilan (87,5%), dan aspek bahasa (82%). Media yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (96,4%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (93,7%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan cukup efektiv dengan skala (69). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Model Word Square di Siswa Kelas IV SDN06 Empang Teras yang dihasilkan valid, sangat praktis dan cukup efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran, Word Square

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:02
Last Modified: 17 Mar 2022 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item