PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN

Rahmah, Zakiyah and Ira, Rahmayuni Jusar (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TEKS I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TEKS II.pdf

Download (120kB)
[img] Text
TEKS III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
TEKS IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan menggunakan model Realistics Mathematics Education pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V SD Negeri 35 Pagambiran. Jenis penelitian adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, and development. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan bahan ajar berbentuk modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 83,33% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidan 85% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh persentase kevalidan 90% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas bahan ajar berbentuk modul diperoleh persentase 86,11% dengan kriteria valid. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 26 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase kepraktisan 90,63% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan persentase kepraktisan 90,05% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil kriteria valid dan sangat praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Matematika, Realistics Mathematics Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:08
Last Modified: 05 Aug 2022 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9425

Actions (login required)

View Item View Item