PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS IV SDN 02 SASAK RANAH PASISIE

Rinta, Sari and Hasnul, Fikri (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS IV SDN 02 SASAK RANAH PASISIE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
II.pdf

Download (100kB)
[img] Text
III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada materi cerita nonfiksi dengan cerita fiksi menggunakan model Brainstorming di kelas IV SDN 02 Sasak Ranah Pasisie. Teori yang dipakai sebagai acuan adalah teori Menulis menurut Tarigan (2008),dan metode Brainstorming oleh Sudjana (2010). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus. Setiap siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas IV SDN 02 Sasak Ranah Pasisie. Sumber data dari penelitian ini adalah dari guru, siswa, proses pembelajaran dan dokumen-dokumen.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, data tes kemampuan menulis siswa. Teknik analisis data mencari rata-rata dari skor yang diperoleh pada aktivitas maupun keterampilan siswa serta aktivitas guru. Hasil penelitian pada aspek aktivitas siswa untuk siklus I adalah 85,7% dengan kriteria cukup, dengan pencarian jumlah skor pertemuan 1 dan 2 dibagi jumlah observer. Pada aspek aktivitas siswa untuk siklus II dengan skor 90,4% kriteria baik. Hasil penelitian pada keterampilan menulis siswa pada siklus I adalah 53,66, dengan semua jumlah nilai siswa dibagi dengan banyak siswa. Siklus II meningkat menjadi 65,33, dengan semua jumlah nilai siswa dibagi banyak siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan metode Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa di kelas IV SDN 02 Sasak Ranah Pasisie tahun ajaran 2022. Kata kunci: aktivitas,menulis,model brainstorming, pembelajaran bahasa indonesia,sasak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:40
Last Modified: 09 Aug 2022 08:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item