PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA KELAS V SDN 32 MUARA AIR HAJI KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

YOGI, ISMET SOMIAH and Hidayati, Azkiya (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA KELAS V SDN 32 MUARA AIR HAJI KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf

Download (670kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarberupamodulpembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model inkuiripadamateritekseksplanasiuntuksiswakelas V SDN 32 Muara Air Haji. yang valid, praktis, danefektif. Teori yang dipakaisebagaiacuanadalahpendapatpendekataninkuirioleh (Shoimin) danpendapatmoduloleh (Daryanto), Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianpengembangan (Research and Development) dengantahappengembangan 4-D yaitudefine, design, develop, disseminate. InstumenPenelitianyaitumeliputilembarvalidasi, lembarpraktikalitas, danlembartes.Modulinidivalidasiolehtigadosenahlimateri, ahli Bahasa, dandosenahlitampilan.Berdasarkanhasilpenelitianditentukan.Pertama, Prosedurpengembanganmodul yang dirancangmelalui 4 tahapyaitutahappendefisian (define), tahapperancangan (design), tahappengembangan (development), dantahappenyebaran (dissemination).Kedua, kualitaspadamoduldikembangkandilakukan 3 ujicobayaituujivalidasi, ujipraktikalitas, danefektivitas.Padaujivalidasi, modulmenggunakan model inkuirimemenuhikriteriasangat valid oleh validator materi, Bahasa dandesaindengannilai rata-rata 89,41%. denganrincianaspek, Padaaspekmateriterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaitukomponenmodul,kelayakanisimodul,susunanmoduldanevaluasimoduldengannilai rata-rata 89,90% dengankriteriasangat valid, padaaspek Bahasa terdapatbeberapaindikatorpertanyaanyaitulugas, komunikatif dialog daninteraktifdankesesuaiandenganpesertadidikdengannilai rata-rata 83,33% dengankriteria valid, danaspekdesainterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaitutampilandankesesuaiankomponenmodul dengan nilai rata-rata 95% dengankriteriasangat valid. Padaujipraktikalitasmodulmenggunakan model inkuiri, dalamujiskalaterbataspadaangketpersertadidikterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaituminatsiswa, proses penggunaannya, peningkatankreativitassiswa, efesiensiwaktudanevaluasidengan rata-rata presentase 93,15% moduldikategorikansangatpraktis, skalakecilpadaujicobamenurutangket guru terdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaitukepraktisanpenggunaanmodul, efesiensiwaktu, kesesuaianilustrasidan Bahasa dengannilai rata-rata presentase 95% kriteriasangatpraktis, danangketpersertadidikskalakecilterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaituminatsiswa, proses penggunaannya, peningkatankreativitassiswa, efesiensiwaktudanevaluasidengan rata-rata presentase 93,78% dengankriteriasangatpraktis. PadaujiefektivitasmodulskalaterbatasyaituModuldikategorikanefektifbaikdarihasilujicobaskalaterbatasmelaluilembarsoalujicobaefektifitasmemperoleh 58,90%, diategorikancukupefektifmaupunskalakecilyaitu 55,11% dikategorikancukupefektifdenganmenggunakanrumus N-gain. Dari hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapengembanganmodulpembelajaranbahasa Indonesia berbasisinkuiripadamateritekseksplanasiuntuksiswakelas V SDN 32 Muara Air Haji KecamatanLinggo Sari BagantiKabupatenPesisir Selatan yang dihasilkansangat valid, sangatpraktis, danefektifsehinggasudahbisadigunakandalam proses pembelajarandikelas V SDN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:10
Last Modified: 10 Aug 2022 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item