ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI KELAS VIII SMPN 10 PADANG

Engla, Adika and Fauziah, Fauziah (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI KELAS VIII SMPN 10 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 10 Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 18 Juni 2022 terhadap siswa kelas VIII.1 SMPN 10 Padang, yang berjumlah 31 siswa dipilih secara purposive sampling, kemudian diambil sebanyak 2 orang siswa berdasarkan jumlah yang terbanyak melakukan jenis kesalahan berdasarkan kriteria Watson pada tiap soal. Data dalam penelitian ini diperoleh tes tertulis materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga soal yang diberikan kepada siswa, hanya pada soal nomor 1 tidak ada siswa yang melakukan jenis kesalahan konflok level respon (rlc) dan selain ke tujuh kategori kesalahan (ao). Pada soal nomor 2 dan 3, menunjukkan bahwa semua jenis kesalahan berdasarkan kriteria Watson dilakukan oleh siswa. Selanjutnya berdasarkan persentase jumlah kesalahan yang dilakukan siswa terhadap jenis kesalahan Watson, diperoleh bahwa pada soal nomor 1 jenis kesalahan tertinggi yang dilakukan terdapat pada jenis kesalahan data tidak tepat (id) sebesar 28,71%. Pada soal soal nomor 2 jenis kesalahan tertinggi terdapat pada jenis kesalahan prosedur tidak tepat (ip) sebesar 20,97%. Pada soal nomor 3 jenis kesalahan tertinggi terdapat pada jenis kesalahan prosedur tidak tepat (ip) sebesar 20,97%. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Kriteria Kesalahan Watson

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:46
Last Modified: 10 Aug 2022 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item