IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN TELEMEDICINEANTAR FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN (STUDI DI RS HERMINA PADANG)

Deli, Mona and Uning, Pratimaratri and Adzandri, Adzandri (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN TELEMEDICINEANTAR FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN (STUDI DI RS HERMINA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (572kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
OK TESIS PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 membuat adanya peraturan tentang physical distancing. Diperlukan upaya alternatif untuk menyediakan fasilitas kesehatan dengan pemberian layanan pada masyarakat tanpa harus ke rumah sakit, atau dikenal dengan telemedicine. Oleh karena itu, rumusan masalah adalah: 1) Bagaimana implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan telemedicine di RS Hermina, 2) Apa kendala dalam implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan telemedicine di RS Hermina, 3) Apa upaya-upaya dalam implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan telemedicine. Penelitian menggunakan metode yuridis sosiologis. Data yang digunakan adalah data primer, diperoleh dari wawancara. Data sekunder diperoleh dari studi dokumen. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasilnya yaitu belum diterapkan dengan baik Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelengaraan Telemedicine. Kendala adalah belum semua dokter/ spesialias yang memberikan layanan telemedicine dan aplikasi yang belum optimal. Upaya adalah pembuatan SK untuk dokter dan bekerjasama untuk mendapatkan aplikasi telemedicine yang resmi. Kata Kunci: Covid-19, Telemedicine, Pasien Rawat Jalan, Dokter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:07
Last Modified: 11 Aug 2022 06:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item