PERLINDUNGAN HAK PASIEN SEBAGAI KONSUMEN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG AMAN, BERMUTU, ANTI DISKRIMINASI DAN EFEKTIF DI RSUD dr.RASIDIN PADANG

Wenny, Aqualisa and Uning, Pratimaratri and Yofiza, Media (2022) PERLINDUNGAN HAK PASIEN SEBAGAI KONSUMEN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG AMAN, BERMUTU, ANTI DISKRIMINASI DAN EFEKTIF DI RSUD dr.RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
TESIS WENNY AQUALISA FULL (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan Pasal 29 ayat (1) huruf b Undang-Undang Rumah Sakit yaitu Rumah Sakit wajib memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit. Keluhan pasien Rumah Sakit terutama terkait dengan waktu pelayanan dan waktu tunggu pengambilan obat yang lama. Rumusan masalah 1) Bagaimana perlindungan hak pasien sebagai konsumen untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif? 2) Apa kendala yang ditemui Rumah Sakit Daerah dr.Rasidin Padang dalam memberikan Pelayanan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif? 3)Apa upaya yang dilakukan Rumah Sakit Daerah dr.Rasidin dalam menghadapi kendala yang ditemui dalam memberikan Pelayanan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif? Jenis penelitian yuridis sosiologis teknik accidental sampling. Data diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, kuesioner, dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian : 1) Perlindungan hak pasien sebagai konsumen untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, antidiskriminasi dan efektif di RSUD dr. Rasidin Padang belum terpenuhi dengan baik 2)Kendala yang ditemui dalam memberikan Pelayanan Jaminan Kesehatan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif di RSUD dr. Rasidin Padang Jam pelayanan rawat jalan yang tidak efektif. 3) Upaya yang dilakukan oleh RSUD dr. Rasidin dalam menghadapi kendala yang ditemui dalam memberikan Pelayanan Jaminan Kesehatan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif, menambah sumber daya manusia. Kata kunci: hak pasien, rumah Sakit, pelayanan, konsumen, kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:18
Last Modified: 11 Aug 2022 07:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item