PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS 4 DI SDN 26 RIMBOKALUANG PADANG

Indah, Ramadhini and Siska, Angreni (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS 4 DI SDN 26 RIMBOKALUANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
UPLOAD I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
UPLOAD II.pdf

Download (229kB)
[img] Text
UPLOAD III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS 4 DI SDN 26 RIMBOKALUANG PADANG Indah Ramadhini1, Siska Angreni2 12Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: Indahramadhini997@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas 4 di SDN 26 Rimbokaluang Padang. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus yang pada masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 26 Rimbokaluang Padang yang terdiri dari 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memenuhi KKM. Pengingkatan hasil belajar dapat dilihat pada setiap siklus, pada hasil tes kemampuan awal sebelum diberikan model pembelajaran model Jigsaw diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 60.43 dengan persentase 21.73% yang berada pada kategori rendah. Selanjutnya setelah diberikan pembelajaran dengan metode Jigsaw terjadi perubahan yang signifikan pada nilai ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 70.43 dengan persentase ketuntasan belajar 73.91% yang berada pada kategori tinggi. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75.86 dengan persentase 86.95% yang berada pada kategori tinggi. Dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 80.21 dengan persentase 100% yang berada pada kategori sangat tinggi. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa kelas 4 setelah diberikan metode pembelajaran menggunakan model Jigsaw. Oleh sebab itu model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran di Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:18
Last Modified: 12 Aug 2022 01:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item