Optimasi Perencanaan Distribusi Produk Portland Composite Cement (PCC) 50 kg dengan Metode Goal Programming di PT Semen Padang

Alhuda, Karina Munadiayuna and Bidiawati Jr, Ayu (2022) Optimasi Perencanaan Distribusi Produk Portland Composite Cement (PCC) 50 kg dengan Metode Goal Programming di PT Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
iii. BAB VI & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
iv. FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Semen Padang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri semen dan menjadi produsen semen tertua di Indonesia. Strategi perencanaan pengiriman semen zak ke distribution center (DC) berdasarkan rata-rata pengeluaran semen di minggu sebelumnya lalu dilakukan estimasi pengiriman untuk minggu selanjutnya. Kelemahan dari perencanaan yang dilakukan berdasarkan estimasi adalah timbul kemungkinan stock out jika pengeluaran semen lebih besar daripada penerimaan sedangkan jika alokasi semen ke DC lebih besar daripada permintaan dapat terjadi overstock. Oleh karenanya dilakukan evaluasi terhadap kondisi tersebut baik dari segi peramalan permintaan maupun meminimasi penyimpangan serta mengoptimalkan jumlah pengiriman semen ke DC dengan menggunakan metode goal programming. Berdasarkan jumlah optimal pengiriman semen ini akan dilakukan juga perhitungan terhadap biaya distribusi dan pengelolaan gudang. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah optimal pengiriman semen ke DC Dumai adalah 700 zak dan jumlah optimal pengiriman semen ke DC Pekanbaru adalah 440 zak untuk sekali pengiriman. Sehingga untuk memenuhi permintaan pada bulan Juli hingga Desember 2022, ditentukan jadwal pengiriman untuk kedua DC. Pengiriman semen ke DC Dumai dilakukan sebanyak 18, 17 dan 16 kali per minggunya dan diberikan beberapa alternatif jadwal pengiriman dan jumlah trip. Sedangkan untuk DC Pekanbaru dilakukan sebanyak 11, 10, 9, 8, 7, 6 dan 5 kali per minggunya dan juga diberikan beberapa alternatif pengiriman dan jumlah trip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:12
Last Modified: 12 Aug 2022 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item View Item