ANALISA MANUAL HANDLING PROSES PENUANGAN MINYAK JELANTAH DENGAN METODE NORDIC BODY MAP (NBM) DAN QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DI CV. ABS

Ghaffa Firjatullah, Ghaffa and Ir. M. Nursyaifi Yulius, M. Tech. Mgt, Ph.D, Ir. M. Nursyaifi Yulius, M. Tech. Mgt, Ph.D (2022) ANALISA MANUAL HANDLING PROSES PENUANGAN MINYAK JELANTAH DENGAN METODE NORDIC BODY MAP (NBM) DAN QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DI CV. ABS. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERNYATAAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produktivitas seorang operator dapat dipengaruhi oleh kondisi dari stasiun kerja tempat operator tersebut melakukan aktivitas kerjanya. Kondisi dari stasiun kerja ataupun lingkungan kerja yang baik bagi seorang operator tentunya adalah kondisi yang efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menentukan Action Level pada proses kerja penuangan minyak jelantah terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) operator dengan menggunakan metode Quick Exposure Check (QEC) dan Nordic Body Map (NBM) di CV. ABS. Menurut hasil kuesioner dan perhitungan QEC, operator Daren dan Adi memiliki Action Level 59,09% dan 56,81% dalam kategori 3 yaitu perlu penelitian lebih lanjut dan dilakukan perubahan. Sedangkan hasil kuesioner NBM operator Daren dan Adi memiliki Action Level 71 dan 72 dalam kategori 3 yaitu diperlukan tindakan segera. Perlu adanya penambahan alat bantu seperti alat pengangkatan dirigen supaya operator yang melakukan proses kerja pengangkatan dan penuangan minyak jelantah terhadap tank penyaring bisa merasa nyaman dan aman dalam melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:47
Last Modified: 12 Aug 2022 07:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10423

Actions (login required)

View Item View Item