ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KESALAHAN KONSTRUKSI KELAS V SDN 03 ALAI PADANG

Dinda, Permata Hati and syukma, netti (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KESALAHAN KONSTRUKSI KELAS V SDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN_PERSETUJUAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
fixxxxxx SKRIPSI DINDA PERMATA HATI (18-220) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan teori kesalahan konstruksi kelas V di SDN 03 Alai Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan konstruksi yang terjadi pada siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi yaitu mendeskripsikan suatu objek, fenomena, atau setting sosial yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen lembar soal dan wawancara. Berdasarkan data dari penelitian ini dianalisis menggunakan teori kesalahan konstruksi konsep dari subanji. Teori ini melihatkan macam macam kesalahan konstruksi dalam 4 kelompok yaitu peseudo construction, lubang konstruksi, miss-analogical construction, dan miss-logical construction. Penelitian ini melibatkan 17 orang dari 28 orang jumlah siswa kelas VA. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang lakukan, terdapat 17 orang siswa yang mengikuti tes, kemudian penulis memilih 4 orang siswa untuk dijadikan subjek penelitian dengan cara melakukan wawancara agar mengetahui kesalahan konstruksi yang dikategorikan oleh subanji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam konstruksi konsep. Kesalahan yang terjadi bisa disebut juga dengan kesalahan bervariasi dan kesalahan yang unik. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Teori Kesalahan Konstruksi, Pembelajaran Bermakna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:38
Last Modified: 15 Aug 2022 01:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item