Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis murder kelas IV di SDN 47 Korong Gadang

Septia, Tribahyuni and Yuza, Arlina (2022) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis murder kelas IV di SDN 47 Korong Gadang. Diploma thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI PENDAHULUAN SEPTIA TRIBAHYUNI 18-157.pdf

Download (247kB)
[img] Text
SKRIPSI COVER , LEMBR PENGESAHAN DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI PENUTUP SEPTIA TRIBAHYUNI 18-157.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL SEPTIA TRIBAHYUNI 18-157.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MURDER KELAS IV DI SDN 47 KORONG GADANG Septia tribahyuni1, Arlina Yuza1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: tribahyuniseptia@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis Murder kelas IV di SDN 47 Korong Gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yakni 4D, yang dapat dijabarkan dengan tahapan Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan) dan Dissemination (penyebaran) yang dimodifikasi menjadi 3-D. Dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap Development (pengembangan). Instrumen penelitian yakni lembar validitas dan lembar praktikalitas. Lembar validasi diisi oleh 3 orang pakar yakni pada aspek materi, bahasa, dan desain. Lembar praktikalitas diisi oleh 1 guru dan 29 siswa. Berdasarkan pengisisan lembar validasi di peroleh hasil bahwa Modul pembelajaran (79,83%) dengan kevalidan aspek Materi (80%), Bahasa (99%) dan aspek Desain (84%). Modul pembelajaran ini sangat praktis menurut guru, dengan kepraktikalitas guru 99,4% dengan aspek Kemudahaan penggunaan (100%), isi materi pembelajaran (97%) aspek desain (100%) aspek kepraktisan modul (100%) dan aspek efektifitas waktu (100%). Nilai praktikalitas siswa rata-rata (90,25%) dengan aspek Ketertarikan Siswa (90,%), Proses penggunaan modul (91%), Peningkatan kreatif siswa (90%) dan aspek Evaluasi (90%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Modul pembelajaran matematika berbasis Murder valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Kata kunci : Modul Pembelajaran, Matematika,Murder (mood,understand, recall, digest, expand, dan review)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:45
Last Modified: 15 Aug 2022 01:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item