PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 08 SURAU GADANG

Fadhilah, Rahmi and syukma, netti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
upload i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
upload ii.pdf

Download (300kB)
[img] Text
upload iii.pdf

Download (395kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD N 08 SURAU GADANG Fadhilah Rahmi1, Dr.Syukma Netti,M.Si1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : fadhilahrahmi31@g.mail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika dengan metode STAD agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas v di SDN 08 Surau Gadang. Jenis penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanan PTK dan hasil pembelajaran matematika yang berupa informasi tentang pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika dan kemampuan aspek afektif siswa. Data sekunder merupakan hal-hal yang mendukung penjelasan data primer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas v SD N 08 Surau Gadang yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan aktivitas siswa. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan data sebagai berikut : penyampaian materi pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan dengan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yatu dengan capaian ketuntasan belajar siswa pada pembealjaran siklus I 44% dan siklus II 76% siswa terlibat leboih aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan bekerja kelompok dan dengan mempertimbangkan sarana prasarana dan karakteristik peserta didik. Kata kunci: Peningkatan , Prestasi Belajar, Model Pembelajaran STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:39
Last Modified: 08 Sep 2022 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item