PENGARUH MODEL PEMBELAJARN DEBATE TERHADAPHASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 13 KURANJI PADANG

Aknanta, Mutia Dara and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARN DEBATE TERHADAPHASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 13 KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V, DLL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (239kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model debate . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model debate terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 13 Kuranji Padang. Teori yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran bahasa indonesia dan model pembelajaran debateyang di kemukakan oleh Shoimin (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah therandomized posstest only control group. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 13 Kuranji Padang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Penentuan kelas eksperimen di lakukan secara undian, sehingga di dapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 orang siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang . instrumen penelitian adalah tes hasil belajar, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan mengomentari persoalan faktual yang di peroleh pada akhir kegiatan penelitian. � yang di peroleh pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen= 79,13 dan kelas kontrol=69,61, Penilaian sikap kelas eksperimen=77,19% (banyak) dari 22 orang siswa,kelas kontrol=47,91 (sedikit) dari 21 orang siswa, Penilaian keyerampilan berbicara mengomentari persoalan faktual di serai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Rata-rata kelas eksperimen=72,7 (tinggi),dan kelas kontrol=63,3 (sedang). Data di analisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data kognitif di peroleh t���� =2,91 dan t���� �=0,334yaitu t���� >t����� maka hipotesis di terima. Dan data untuk keterampilan berbicara t ���� = 2,488 dan t�����=1,985yaitu t���� >t����� maka hipotesis di terima. Dapat di simpulkan pengaruh model pembelajaran Debate membrikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas VA semester 2 SDN 13 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Kata Kunci : Penelitian Eksperimen, Model Debate, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:39
Last Modified: 08 Feb 2023 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item