PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SDN 52 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH

Apriyanti, Safitri and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2018) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SDN 52 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (202kB)
[img] Text
cover, dll 2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model/pendekatan/metode yang digunakan guru. Ini tentunya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu diterapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas II SDN 52 Parupuk Tabing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 52 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal essay. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 52 Parupuk Tabing yang berjumlah 43 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, terpilih kelas IIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIB sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masingnya yaitu 83,16 dan 74,29. Berdasarkan uji t, dengan � = 0,05 diperoleh thitung= 1,988 dan ttabel= 1,679. Ini artinya thitung> ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 52 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah. Kata Kunci: pendekatan realistic mathematic education, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:50
Last Modified: 08 Feb 2023 07:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item