PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 SUNGAI LAREH KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Delsi, Angraini and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 SUNGAI LAREH KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (257kB)
[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 12 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah tahun pelajaran 2017/2018 dengan KKM 75. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 12 Sungai Lareh tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 12 Sungai Lareh dengan jumlah 37 orang siswa, yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu kelas VA dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas VB dengan jumlah siswa 17 orang, Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive didapatkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,29 dan 71,25 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji t data yang telah dilakukan diperoleh thitung (1,59) > t(0,95,35) (1,32), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Time Token terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 12 Sungai Lareh. Untuk itu disarankan pada guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan model Time Token dalam proses Pembelajaran. Kata kunci : pembelajaran, time token, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:21
Last Modified: 08 Feb 2023 08:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10709

Actions (login required)

View Item View Item