PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

Engsi, Marlin and Wince, Hendri and Erwinsyah, Satria (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (221kB)
[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan model picture and picture. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan proses pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I di peroleh ratarata hasil pengamatan aktivitas siswa dalam bertanya 62,5%, menjawab pertanyaan 65%. Di Siklus II aktivitas siswa dalam bertanya 75%, menjawab pertanyaan 80%. Persentase ketuntasan belajar IPA siswa pada siklus I yaitu 40% dengan nilai rata-rata 73,75, meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan nilai rata-rata 79,55. Berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Picture and picture di kelas V berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Picture And Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:50
Last Modified: 08 Feb 2023 08:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item