PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN 24 PARUPUK TABING

Jimmi, Okta wilson and Hendra, Hidayat and rieke, alyusfitri (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN 24 PARUPUK TABING. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada materi kenampakan permukaan bumi untuk siswa kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas III-B SDN 24 Parupuk Tabing untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada materi kenampakan permukaan bumi untuk siswa kelas III SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85,5%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,76%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 91,65%. Pada modul pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning ini diperoleh nilai validasi dari validator sebesar 85,5% yang termasuk ke dalam kategori valid dan juga peneliti memperoleh nilai praktikaitas yang di dapat dari guru dan siswa. Nilai praktikalitas yang di peroleh dari guru sebesar 92,76% yang termasuk kedalam kategorisangat praktis dan nilai praktikalitas yang diperoleh dari siswa sebesar 91,65% yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Kata Kunci : Modul IPA, Pendekatan Contextual Teaching and Learning,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:53
Last Modified: 10 Feb 2023 02:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item