PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 LUHAK NAN DUO

Meilia, Fatma and MUSLIM, TAWAKAL and rieke, alyusfitri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 LUHAK NAN DUO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar PKn pada ranah kognitif tingkat pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) siswa kelas V di SD Negeri 06 Luhak Nan Duo Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Berdasarkan hasil nilai ujian tengah semester siswa pada mata pelajaran PKn semester I Tahun Ajaran 2017/2018, maka yang dijadikan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VB dan sebagai kelas kontrol adalah kelas V-A. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,70 dan pada kelas kontrol 66,85. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis perbedaan rata-rata yaitu rumus t-test. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung (3,11) > ttabel (2,012), maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Time Token terhadap hasil belajar PKn siswa pada ranah kognitif tingkat pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) kelas V di SD Negeri 06 Luhak Nan Duo. Untuk itu pada mata pelajaran PKn guru dapat menerapkan model Time Token dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar, PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:07
Last Modified: 10 Feb 2023 03:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item View Item