PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 05 PETOK KEC. PANTI KABUPATEN PASAMAN

Nesa, Nofriani and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 05 PETOK KEC. PANTI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (222kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 05 Petok Kec.Panti Kabupaten Pasaman pada aspek pengetahuan dan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 05 Petok Kec.Panti Kabupaten Pasaman. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara pengundian, kelas yang terambil pertama kali dijadikan kelas eksperimen dan kelas yang terambil selanjutnya dijadikan kelas kontrol, hasil dari pengundian tersebut didapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan Kelas VA sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Data dalam penelitian ini adalah berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh t����� yaitu 3,971. Bila dibandingkan dengan t�� � adalah 2,000 maka t�����>t�� � ( 0,05), dengan demikian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 05 Petok Kec.Panti Kabupaten Pasaman, dimana rata-rata hasil belajar kelas kelas eksperimen sebesar 84,15 dan kelas kontrol sebesar 74,46. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas V dalam pembelajaran IPA untuk dapat menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick karena dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci : model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:25
Last Modified: 10 Feb 2023 03:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10735

Actions (login required)

View Item View Item