PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 24 JATI GAUNG PADAN

Oky, Prama Bakti and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 24 JATI GAUNG PADAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (219kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model Quantum Teaching tipe TANDUR di kelas V SDN 24 Jati Gaung Padang. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttes-only control desain”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR dan modek pembelajaran konvensional. variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 24 Jati Gaung Padang pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 26 siswa dan siswa kelas VB sebanyak 24 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 70,6 dan kelas kontrol nilai ratarata 59,4). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;48) (2,14> 2,004) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diteima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 24 Jati Gaung Padang. Dengan demikian model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR diharapkan digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Quantum Teaching tipe TANDUR, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:36
Last Modified: 10 Feb 2023 03:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10737

Actions (login required)

View Item View Item