PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 PURUS PADANG

Riri, Yolanda and Niniwati, Niniwati and Arlina, Yuza (2018) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 PURUS PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (285kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V, dftr pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
full text2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 29 Purus Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 29 Purus Padang pada pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasiseluruh siswa kelas IV SDN 29 Purus Padang yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Dalam penilaian kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah digunakan rubrik penskoran. Berdasarkan nilai kuis yang diperoleh siswa, maka dapat diketahui bahwa rata-rata nilai kuis siswa cenderung meningkat dan menurun, dilihat dari persentase ketuntasankuis pertama dan kedua mengalami peningkatan dari 52,63% menjadi 84,21% lalu mengalami penurunan pada kuis ketiga sebanyak 36,84% dan kuis keempat sebanyak 47,36% sedangkan pada kuis kelima dan keenam mengalami peningkatan yang sama yaitu 84,21%. Pada tes akhir kemampuan pemecahan masalah berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,26 dan 71,24 pada kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,2107, t(0,975;38) = 2,024. Dengan kata lain thitung lebih dari ttabelatau 2,2107  2,024. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 29 Purus Padang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar. Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:11
Last Modified: 10 Feb 2023 04:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10744

Actions (login required)

View Item View Item