PENGARUH PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 56 ANAK AIR PADANG

ROZA, AMELIA SARI and Yetty, Morelent and Hendra, Hidayat (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 56 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FUUL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dari pengaruh model Picture and Picture terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 56 Anak Air Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar dan pembelajaran yang dikemukakan oleh Susanto (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 56 Anak Air Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas Kontrol. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Picture and Picture. Media yang digunakan adalah media gambar. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) menyediakan gambar, (2) menugasi siswa untuk menulis puisi, (3) mengumpulkan hasil puisi siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : (1) membaca hasil puisi siswa, (2) menganalisis data, (3) menghitung semua kemampuan siswa, (4) menguraikan analisis data, (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Dengan nilai rata-rata 8,38 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata73,5. Data analisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh t����� = 3,92 dan t� �� =2,02 yaitu t�����>t� ��. Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V B dan V C SDN 56 Anak Air Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model Picture and Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:52
Last Modified: 10 Feb 2023 06:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item