PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE BAMBOO DANCING DI SDN 04 PASA GADANG PADANG SELATAN PADANG

Rukminiwati, Rukminiwati and Syofiani, Syofiani and Zulfa, Amrina (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE BAMBOO DANCING DI SDN 04 PASA GADANG PADANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover, dll.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (185kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya aktivitasbelajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Pasa Gadang Padang Selatan Padangditandai dengan sedikitnya siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan serta dalam berbagi informasi banyak siswa yang mengandalkan teman yang pintar saja dengan demikian hasil keterampilan berbicara siswa juga rendah . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitasdan keterampilan berbicara siswa menggunakan metode Bamboo Dancing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh selama proses penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitasbelajar siswa, dan lembar keterampilan berbicara pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan aktivitas belajar yang dapat dilihat dari hasil lembar observasi aktivitasbelajar siswa, yaitu terjadi peningkatan 40,73%, meningkat dari 37,65 pada siklus I menjadi 78,38% pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari 73,99 pada siklus 1 meningkat menjadi 77,60 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa aktivitasdan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 04 Pasa Gadang Padang dapat ditingkatkan melalui metode Bamboo Dancing. Untuk itu, diharapkan agar para pendidik terutama guru sekolah dasar untuk dapat menggunakanmetode Bamboo Dancing yang menjadi inovasi dalam melaksanakan pembelajaran. kata kunci: bamboo dancing, aktivitasdan keterampilan berbicara, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:57
Last Modified: 10 Feb 2023 06:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item