PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 04 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Sundari, Js and Hendra, Hidayat and rona, taula Sari (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 04 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (197kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hasil belajar IPA menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode konvensional di SD Negeri 04 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 04 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampling Purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil tes akhir kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga dilakukan uji-t dimana t hitung dibandingkankan t tabel dengan dk 62 pada taraf kepercayaan � = 0,05 diperoleh t tabel = 1,99 dan t hitung 3,49. Hal ini berarti t hitung > t tabel dimana 3,49 > 1,99 dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik hasil belajarnya dengan rata-rata 76,3 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 64,1 dengan menerapkan metode konvensional. Hasil analisis dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode konvensional. Dapat disarankan kepada semua pihak baik guru maupun peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan model Student Team Achievement Divisins (STAD) dalam pembelajaran di Sekolah Dasar karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:13
Last Modified: 10 Feb 2023 07:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10751

Actions (login required)

View Item View Item