PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 03 BINUANG KAMPUNG DALAM

Widya, Oktaviani and Zulfa, Amrina and Syafni, Gustina sari (2018) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 03 BINUANG KAMPUNG DALAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (171kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kreativitas dan hasil belajar Matematika siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam yang terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,5 dengan ketuntasan 63,33% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 72,6 dengan ketuntasan 46,42%. Kreativitas siswa di kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam selama diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education mengalami peningkatan yang bervariansi yaitu pada pertemuan pertama rata-rata kreativitas siswa sebesar 44,12%, pertemuan kedua mengalami peningkatan dengan rata-rata 55,82%, kemudian pada pertemuan ketiga juga mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 56,65%, dan pada pertemuan ke empat juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 65,05%. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh, ������ = 1,798 dan �(�,��;��) = 1,672. Jadi ������˃�(�,��;��) pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kreativitas dan hasil belajar Matematika siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam. Melihat pendekatan Realistic Mathematics Education memberikan dampak yang positif terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa maka hendaklah guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran ini. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, kreativitas, hasil belajar, pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:33
Last Modified: 10 Feb 2023 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item