PENERAPAN MODELCOOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 43 SAKURA DADOK TUNGGUL HITAM KOTA PADANG

Yelsi, Defrina Simarmata and M., Tamrin and Ade, Sri Madona (2018) PENERAPAN MODELCOOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 43 SAKURA DADOK TUNGGUL HITAM KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (207kB)
[img] Text
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 43 Sakura Dadok Tunggul Hitam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative script sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 43 Sakura Dadok Tunggul Hitam, pada tahun ajaran 2017/2018. Sebanyak 60 siswa yang dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, sehingga didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang diberikan berupa tes objektif dengan empat jawaban. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data analisis menggunakan uji-t. Bedasarkan analisis data di peroleh thitung sebesar 2,382 dan nilai ttabel sebesar 2,002. Ini artinya thitung > ttabel, maka maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran cooperative script memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa VA semester 1 SDN 43 Sakura Dadok Tunggul Hitam Padang. Kata Kunci: model Cooperative Script, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:39
Last Modified: 10 Feb 2023 07:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item