PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 27 OLO KECAMATAN PADANG BARAT

Zilvia, Sara and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 27 OLO KECAMATAN PADANG BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover, dll.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (109kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menjadikan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 27 Olo Kecamatan Padang Barat. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran bahasa Indonesia dan model pembelajaran Role Playing yang dikemukakan oleh Shoimin (2014). Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan design true experimental design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Olo Kecamatan Padang Barat, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian, sehingga didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang siswa dan kelas V A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 11 orang. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan berdrama yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. ̅ yang diperoleh pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen= 86,65 (sangat tinggi) dan kelas kontrol =77,00 (sedang) , penilaian sikap kelas eksperimen= 75% (banyak) dari 20 orang siswa, kelas kontrol= 48,48% (sedikit) dari 11 orang siswa, penilaian keterampilan berdrama ̅ kelas eksperimen= 85,9 (sangat tinggi), dan kelas kontrol=75,82 (sedang). Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data kognitif diperoleh = 2,41 dan = 2,04 yaitu > maka hipotesis diterima. Dan data untuk keterampilan berdrama =2,37 dan yaitu > maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan pengaruh model pembelajaran Role Playing memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas V A semester 2 SDN 27 Olo Kecamatan Padang Barat. Kata kunci: pembelajaran, role playing, hasil bel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:49
Last Modified: 10 Feb 2023 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item